Pertemuan 5 : LAPORAN ANALISIS DATA TRANSKRIP NILAI DAN DATA LULUSAN DARI UNIVERSITAS MELALUI API
Code Google Colab : Google Colab
Unduh Artikel : PDF
1. Pendahuluan
Dalam
laporan ini, penulis akan menganalisis data transkrip nilai siswa, termasuk
nilai IPS per semester per siswa; korelasi antara nilai IPS dan kelulusan tepat
waktu; korelasi antara predikat kelulusan "Pujian" dan kelulusan
tepat waktu; dan korelasi antara durasi studi dan predikat kelulusan.
2. IPS
per Semester per Mahasiswa
Untuk
mengetahui IPS siswa setiap semester, penulis mengumpulkan nilai total mata
kuliah setiap semester, kemudian membaginya dengan jumlah SKS yang diambil. Ini
menunjukkan bagaimana prestasi akademik siswa meningkat seiring waktu.
Metode:
3. Menghitung
nilai total untuk setiap semester berdasarkan data nilai total mata kuliah.
4. Menghitung
jumlah SKS yang diambil untuk setiap semester.
5. Membagi
nilai total dengan jumlah SKS untuk setiap semester.
Table 1 IPS per Semester per Mahasiswa
NIM |
Semester |
IPS |
15416226201001 |
1 |
3.25 |
... |
... |
... |
20416286206132 |
7 |
3.90 |
20416286206132 |
8 |
3.80 |
6. Hubungan
antara IPS dan Lulusan Tepat Waktu
Penulis
mencari tahu apakah ada korelasi yang signifikan antara IPS atau nilai
rata-rata mata kuliah dengan lulusan tepat waktu. Hasil analisis penulis
menunjukkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara IPS dan lulusan
tepat waktu.
7. Korelasi
antara Predikat Kelulusan 'Pujian' dengan Lulusan Tepat Waktu
Penulis menemukan
melalui analisis statistik bahwa sebagian besar siswa yang menerima predikat
"Pujian" lulus tepat waktu, sementara sebagian kecil siswa yang tidak
menerima predikat tersebut lulus tepat waktu.
Visualisasi:
Table 2 Korelasi antara Predikat Kelulusan 'Pujian' dan Lulusan
Tepat Waktu
Predikat Kelulusan |
Persentase Lulus Tepat Waktu |
Pujian |
65.9% |
Tidak Pujian |
34.1% |
8. Hubungan
antara Durasi Studi dan Predikat Kelulusan
Sebagai
hasil dari penelitian, ditemukan bahwa ada korelasi negatif yang signifikan
antara durasi studi dan predikat kelulusan. Mahasiswa dengan durasi studi yang
lebih pendek cenderung menerima predikat kelulusan yang lebih baik.
9. Perbandingan
Prestasi Akademik Berdasarkan Jenis Kelamin
Menurut
rata-rata nilai total, perempuan cenderung mencapai hasil akademik yang sedikit
lebih baik daripada laki-laki.
Visualisasi:
Table 3 Rata - Rata Nilai Total Berdasarkan Jenis Kelamin
Jenis Kelamin |
Rata-rata Nilai Total |
Laki-laki |
80.50 |
Perempuan |
82.03 |
10. Kriteria
Penilaian
Dalam
analisis ini, penulis memperhatikan beberapa kriteria penilaian sebagai berikut
:
1. Kemampuan untuk melakukan integrasi dan
pembersihan data
Untuk
melakukan analisis menyeluruh, penulis membersihkan data dari nilai yang tidak
ada dan mengintegrasinya dengan data lainnya.
2. Keefektifan dalam menerapkan teknik
analisis statistic
Untuk
mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang data, penulis menggunakan
berbagai metode analisis statistik.
3. Kemampuan analisis untuk menemukan pola
dan tren yang signifikan
Untuk
mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam, penulis menganalisis data untuk
menemukan pola dan tren penting.
4. Kedalaman analisis dan kreativitas dalam
mengeksplorasi data
Penulis mencoba untuk menggali wawasan
yang belum terlihat sebelumnya dengan menganalisis berbagai aspek data.
5. Kelengkapan dan kejelasan laporan akhir,
termasuk penggunaan visualisasi data
Semua
hasil analisis dibahas dengan jelas dalam laporan penulis dan didukung oleh
visualisasi data yang sesuai.
11. Kesimpulan
Berdasarkan
penelitian yang dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa jenis kelamin,
durasi studi, dan predikat kelulusan adalah beberapa faktor yang memengaruhi
prestasi akademik siswa. Meskipun demikian, korelasi antara IPS dan kelulusan
yang tepat waktu tidak terlalu signifikan.
Dengan
cara ini, laporan analisis data transkrip nilai siswa ini disusun. Semoga
laporan ini dapat membantu kita memahami elemen yang memengaruhi prestasi
akademik siswa.
Komentar
Posting Komentar